Photo via Nippon-Classic.de |
Kustomgaras - Honda CB160, salah satu tipe motor sport produksi pabrikan Honda pada rentang tahun 1965 - 1969, memulai debut cukup sukses dan menjadi favorit di Jerman. Honda CB160 dirancang untuk bisa membawa rider dan boncengan secara nyaman (ini bisa dilihat dari bentuk jok yang panjang), berakselerasi secara cepat selepas lampu merah, memiliki torsi mumpuni untuk digunakan disegala medan, dan konfigurasi mesin ringan sederhana memudahkan perawatannya.
Mantan manajer balap Honda Amerika Gary Mathers pernah mengacu pada tes selama 2500 jam yang harus dilalui setiap model jalan Honda. Adanya tes semacam itu tidak mengherankan, karena Honda tahu bahwa tanpa keandalan tingkat tinggi, produknya tidak dapat membuat kemajuan di pasar dunia. Dengan cara ini, produk akan menunjukan kelas sebenarnya.
Photo via Cycle World |
Photo via Cycle World |
Spesifikasi Honda CB160
Mesin Honda CB160 memilki kemiripan dengan saudaranya yakni Honda CB125 Twin. Mesin light-alloy memiliki overhead-driven camshaft (SOHC), dua katup per silinder, gearbox empat kecepatan bergigi cakar, crankshaft empat bantalan, memiliki bore yang lebih besar 50mm x stroke 41mm, membawa konsep ke tata letak crankshaft 360 dari model kembar paralel sebelumnya yang kecil.
Dengan konfigurasi tersebut membuat power meningkat menjadi 16,5 hp pada 10.000rpm, torsi dari 10,4Nm naik hingga 12,2Nm. Peningkatan power to weight ratio, "Baby Super Hawk" - seperti yang mereka sebut oleh orang Amerika - dapat mencapai kecepatan tertinggi 135 kmh.
Dari segi desain, pada pertengahan 1960-an Honda CB160 menandai era persimpangan gaya antara "kuno" dan "modern".
Photo via motorradwerkes.blogspot.com |
Photo via motorradwerkes.blogspot.com |
Di sisi lain, masih ada pipi chrome di tangki, tertanam dalam instrumen headlamp dan fender yang dicat perak, yang terakhir digantikan oleh versi berlapis krom hanya beberapa tahun kemudian.
Photo via mrhonda.guru |
Strategi berbagi platform dari motor Jepang lebih menyenangkan bagi kolektor motor klasik, karena sebagian besar bagian CB125 Twin dan CB 160 identik. Di sisi lain, Honda sering memodifikasi bagian-bagian dalam seri. Honda tidak membuat bagian baru, namun meningkatkan dan hanya digabungkan dengan pengukuran lain dalam produksi seri.
Honda CB 160
Detail
|
||
1.
Facts
|
Production
|
1965-1969
|
Colours
|
red-silver;
blie-silver; black-silver |
|
2. Engine
|
Motor
type
|
2-Cylinder,
4-stroke
|
Valves steering
|
SOHC Chain
|
|
Camshaft
|
1
overhead
|
|
Displacement
|
161 ccm
|
|
Bore
x stroke
|
50
mm x 40,9 mm
|
|
Compression
|
8,5:1
|
|
Carburator
|
2
Keihin 22mm
|
|
3.
Performance
|
Horsepower
|
16,5
HP @10.000 rpm
|
Torque
|
12,2 Nm @8500 rpm
|
|
Weight
ratio
|
7,7
Kg/HP
|
|
Top speed
|
135 km/h
|
|
4.
Measures
|
Length
|
1947 mm
|
Wheel
base
|
1277
mm
|
|
Weight
|
127 Kg
|
|
5.
Brakes
|
Brakes front
|
Double drum
|
Brakes
rear
|
single
drum
|
|
6.
Transmission
|
Gearbox
|
4-speed
|
Transmission
|
Chain
|
|
Starter
|
Kick
starter, electric starter
|
Honda CB160 Modifikasi Custom
Referensi :
nippon-classic.de
...
Tags:
Motor Klasik