Honda CB160 - Sejarah dan Spesifikasi

Photo via Nippon-Classic.de

Kustomgaras - Honda CB160, salah satu tipe motor sport produksi pabrikan Honda pada rentang tahun 1965 - 1969, memulai debut cukup sukses dan menjadi favorit di Jerman. Honda CB160 dirancang untuk bisa membawa rider dan boncengan secara nyaman (ini bisa dilihat dari bentuk jok yang panjang), berakselerasi secara cepat selepas lampu merah, memiliki torsi mumpuni untuk digunakan disegala medan, dan konfigurasi mesin ringan sederhana memudahkan perawatannya.

Mantan manajer balap Honda Amerika Gary Mathers pernah mengacu pada tes selama 2500 jam yang harus dilalui setiap model jalan Honda. Adanya tes semacam itu tidak mengherankan, karena Honda tahu bahwa tanpa keandalan tingkat tinggi, produknya tidak dapat membuat kemajuan di pasar dunia. Dengan cara ini, produk akan menunjukan kelas sebenarnya.


Photo via Cycle World
Photo via Cycle World

Spesifikasi Honda CB160

Mesin Honda CB160 memilki kemiripan dengan saudaranya yakni Honda CB125 Twin. Mesin light-alloy memiliki overhead-driven camshaft (SOHC), dua katup per silinder, gearbox empat kecepatan bergigi cakar, crankshaft empat bantalan, memiliki bore yang lebih besar 50mm x stroke 41mm, membawa konsep ke tata letak crankshaft 360 dari model kembar paralel sebelumnya yang kecil. 

Dengan konfigurasi tersebut membuat power meningkat menjadi 16,5 hp pada 10.000rpm, torsi dari 10,4Nm naik hingga 12,2Nm. Peningkatan power to weight ratio, "Baby Super Hawk" - seperti yang mereka sebut oleh orang Amerika - dapat mencapai kecepatan tertinggi  135 kmh.

Dari segi desain, pada pertengahan 1960-an Honda CB160 menandai era persimpangan gaya antara "kuno" dan "modern".

Mesin Honda CB160 Klasik Retro
Photo via motorradwerkes.blogspot.com
Honda CB160 Red Twin Classic
Photo via motorradwerkes.blogspot.com
Mesin kembar paralel, miring 30 derajat ke depan, tergantung di rangka dan berfungsi sebagai bagian menahan beban. Suspensi teleskopik modern di bagian depan dengan rem drum dupleks yang efektif, di bagian belakang dengan rem drum satu kabel yang dioperasikan untuk deselerasi beban motor seberat 127 kilogram. Struts terpisah untuk memasang pijakan kaki penumpang meningkatkan kenyamanan berkendara bagi penumpang.
 
Di sisi lain, masih ada pipi chrome di tangki, tertanam dalam instrumen headlamp dan fender yang dicat perak, yang terakhir digantikan oleh versi berlapis krom hanya beberapa tahun kemudian.


Honda CB160 Gastank Tangki
Photo via mrhonda.guru

Strategi berbagi platform dari motor Jepang lebih menyenangkan bagi kolektor motor klasik, karena sebagian besar bagian CB125 Twin dan CB 160 identik. Di sisi lain, Honda sering memodifikasi bagian-bagian dalam seri. Honda tidak membuat bagian baru, namun meningkatkan dan hanya digabungkan dengan pengukuran lain dalam produksi seri.


Honda CB 160 Detail




1. Facts
Production
1965-1969

Colours
red-silver;
blie-silver;
black-silver



2. Engine          
Motor type
2-Cylinder, 4-stroke

Valves steering
SOHC Chain

Camshaft
1 overhead

Displacement
161 ccm

Bore x stroke
50 mm x 40,9 mm

Compression
8,5:1

Carburator
2 Keihin 22mm



3. Performance
Horsepower
16,5 HP @10.000 rpm

Torque
12,2 Nm @8500 rpm

Weight ratio
7,7 Kg/HP

Top speed
135 km/h



4. Measures
Length
1947 mm

Wheel base
1277 mm

Weight
127 Kg



5. Brakes
Brakes front
Double drum

Brakes rear
single drum



6. Transmission
Gearbox
4-speed

Transmission
Chain

Starter
Kick starter, electric starter

Honda CB160 Modifikasi Custom








Referensi :
nippon-classic.de 
... 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Post Ads