10 Motor Klasik Terbaik Dari Pabrikan Inggris


Ketika era sepeda motor menggila di seluruh Eropa pada akhir abad ke-19, tidak lama kemudian beberapa pengusaha asal Inggris memutuskan untuk ikut ambil bagian dalam industri ini. Selama tahun '50-an dan '60-an, industri sepeda motor adalah penghasil ketiga terbesar untuk Inggris (setelah mobil dan wiski), dan sepeda motor buatan Inggris memiliki reputasi yang tak tertandingi di seluruh dunia. Dengan desain klasiknya telah menjadi bagian dari sejarah budaya kita dan juga masa lalu industri yang membanggakan. Bahkan meskipun kamu bukan penggemar sepeda motor, kamu akan mengenali banyak modelnya karena kemunculannya di film dan budaya populer lainnya.

Di tulisan ini Kustom Garas akan menunjukan 10 motor klasik terbaik yang berasal dari pabrikan Inggris :

Vincent Black Shadow
image via motographite.com

1. Vincent Black Shadow

Citra Klasik Inggris yang sesungguhnya, Vincent Black Shadow adalah model yang dirakit secara handmade dan hanya dibuat 1.700 unit saja. Kode signature berada pada nama 'black shadow'; Berbeda dengan desain krom yang populer saat ini, motor ini berwarna hitam di sekujur tubuh, mulai dari mesin hingga kickstarter-nya.

Triumph Bonneville 1960
image via motorcycleusa.com

2. Triumph Bonneville


Nama Bonneville sebenarmya berasal dari tempat terkenal di A.S, Bonneville Salt Flats di Utah, dimana disitu adalah tempat untuk 'speed freak' yang ingin menjajal berapa kecepatan maksimal dari kendaraan mereka. Model T140 memenangkan penghargaan bergengsi Motor Cycle News Machine of The Year pada tahun 1979 dan tetap menjadi model klasik yang tetap populer hingga saat ini.

Dari sejarah budayanya, motor ini telah muncul di beberapa film bergengsi seperti An Officer and a Gentleman (1982) to Harry Potter (2010) dan yang terakhir tampil di CSI and Grey's Anatomy.


Norton Commando750 1971
image via motorcycles20thcentury.com

3. Norton Commando

Norton Commando memenangkan penghargaan "Machine of the Year" selama lima tahun berturut-turut (1968-1972). Seringkali dianggap sebagai salah satu motor besar terakhir dari pabrikan Inggris, sangat terkenal dengan frame (rangka) revolusionernya, yang dikenal dengan Isolastic System. Dirancang oleh seorang insinyur eks Mercedes, inovasi ini mampu mengurangi getaran mesin yang mengganggu sehingga banyak diadaptasi untuk desain motor lainnya saat itu.

Desain motor yang abadi 'timeless' juga menjadi nilai tambah motor ini.

Ariel 350 W NG
image via Kingofwallpapers.com

4. Ariel 350 W/NG

Ariel W / NG 350 paling dikenal sebagai motor untuk militer Inggris, kontribusinya sangat terasa saat digunakan secara luas dalam misi evakuasi di Dunkirk setelah sebelumnya 'hanya' digunakan untuk kendaraan darurat.

Versi militer dari motor ini sangat sulit ditemukan saat ini, karena kebanyakan dari mereka dikonversi kembali ke kendaraan sipil dan dijual kembali. W / NG seringkali muncul di film anak-anak populer seperti Nanny McPhee and the Big Bang.


image via youtube.com/watch?v=mYafGZKBaFg

5. Royal Enfield Bullet

The Royal Enfield Bullet mendapatkan gelar sebagai salah satu motor dengan produksi terpanjang. Dirakit pertama kali di Inggris pada tahun 1948, dan model terbarunya lahir tahun 2007 dengan satu set mesin baru.

Sepeda motor ini tidak memiliki warisan budaya yang menonjol di atas, namun telah memiliki beberapa penampilan baru-baru ini di film blockbusters Friday the 13th dan Big Fish.


image via coys.co.uk

6. Matchless Silver Hawk

Matchless Silver Hawk didesain kembali pada tahun 1930an dan memulai debutnya di Olympia Motor Cycle Show yang legendaris pada tahun 1930. Dijelaskan oleh pabrikannya sebagai "mesin yang paling menarik untuk ditunggangi" motor ini adalah satu dari dua motor mewah empat silinder yang diperkenalkan di pertunjukan itu.

Itu adalah motor yang indah tapi, meskipun memiliki pengikut setia dan tetap menjadi motor klasik yang populer sampai hari ini.

image via andybuysbikes.com

7. BSA A65 Star

Dengan kecepatan tertinggi 100 Mph, model ini mendapatkan popularitasnya justru malah di pasar A.S., di mana berhasil bersaing dengan model Triumph dan motor dari Jepang yang baru. Pada akhir tahun 60an, BSA motor adalah sebagian besar ekspor Inggris ke A.S. dan seluruh dunia.

Namun, mungkin karena penampilannya yang sedikit tertanggal, BSA A65 Star tidak benar-benar masuk ke dalam film dan acara TV, sangat disayangkan memang.

Triumph Trident 750cc
image via shannons.com.au

8. Triumph Trident

Kolaborasi produksi antara Triumph dan BSA, Trident juga dikenal sebagai Rocket3. Motor ini sangat digemari karena citra saat itu sebagai motor super modern pertama. Trident / Rocket3 diproduksi selama tujuh tahun, dari '68 sampai '75, namun akhirnya gagal merebut pasar, terutama karena masuknya Honda Goldwings dari Jepang.

image via petersmachines.com

9. Norton Manx

Sebuah motor balap sejati, Norton Manx terkenal dengan keberhasilannya dalam kompetisi yang terkenal, Isle of Man TT. Norton Manx hadir pada tahun 1907 (tahun pertama balapan), sampai tahun 1970an, tapi itu bukan akhir dari cerita. Norton Manx masih menjadi legenda motor balap klasik hingga saat ini.

image via wesellclassicbikes.co.uk

10. Velocette Viper

Veloce Ltd, perusahaan Birmingham yang dikelola oleh keluarga kecil kemudian berhasil bersaing dengan raksasa motor Inggris seperti Norton dan Triumph, menghasilkan Velocette Viper. Meski motornya bagus dan dirancang dengan baik. Meskipun merek sepeda ini tidak memiliki banyak kehadiran di film atau TV, motor ini memegang rekor enduro selama 24 jam pada kecepatan konstan 100 mph!

Referensi 

[favorite]


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Post Ads