Hal unik pun kami dapatkan waktu berburu motor bahan ini, di satu sudut showroom motor bekas kami mendapati sebuah Yamaha Scorpio 225 cc limited edition tahun 2014. Setelah negosiasi yang alot, akhirnya motor bahan ini kami bawa pulang. Setelah motor diamankan, perburuan berikutnya pun dimulai untuk spare parts yang akan digunakan. Karena kami tinggal di daerah kepulauan, tepatnya kota Tanjungpinang Kepulauan Riau maka tidak banyak ditemukan toko spare parts atau speed shop yang cukup lengkap untuk kebutuhan motor custom ini.
Akhirnya kami putuskan minta pertolongan beberapa teman-teman di Medan, Jawa dan Jakarta. Termasuk yang ada link ke Singapore untuk memperoleh beberapa parts seperti Shock Belakang OHLINS original (copotan moge) dan Ban Shinko type E805 (big block) serta Velg RK Japan 3.00 – 3.50 R17. Setelah parts utama ini kami dapatkan (sembari menabung kembali) perburuan pun dilanjutkan untuk parts lainnya. Shock Depan Sendiri akhirnya jatuh kepada USD Yamaha Xabre Original yang kami oerder langsung dari salah satu showroom Yamaha yang ada disini, karena transportasi yang susah, maka sekitar 45 hari barulah parts ini kami dapatkan.
Sedangkan untuk tromol kami gunakan 1 set depan belakang tromol Kawasaki KLX lengkap dengan piringannya, sehingga bagian kaki-kaki sudah full terpasang. Konsep motor ini sendiri adalah Scrambler Tracker dengan beberapa sentuhan. Bagian rangka sebenarnya mengadopsi bentuk dari motor Triumph (kita lupa typenya, hehe) sedangkan body samping kita pertegas dengan menonjolkan garis-garis body yang tajam sehingga kesannya lebih tegas.
Sebelum motor ini selesai, kami sempat memikirkan panggilan yang unik untuk motor ini nantinya. Sempat tercetus nama “BARONG” dan setelah kita teliti ternyata ini adalah salah satu jenis kebudayaan yang ada di bali yang kesannya rada horror dan mistis. Maka kami putuskan untuk mengganti nama dengan yang seirama tapi berbeda, akhirnya didaptlah “BAGONG” yang diambil dari lakon pewayangan jawa dan merupakan saudara/adik dari petruk dan gareng. Bagong sendiri adalah yang paling bontot/bungsu dan cocok sekali seperti kami (suami istri adalah anak bontot dari keluarga). Setelah semua selesai akhirnya Bagong pun dapat mengaspal di jalanan nusantara khususnya daerah Kepri dengan sangat nyaman dan mulus.
SALAM SATU ASPAL…
Data modifikasi:
- - Owner @bagongrider
- - Motor Yamaha Scorpio 2014 Limited Edition
- - Shock Belakang Ohlins 340 mm Gold
- - Shock Depan USD Yamaha Xabre
- - Velg RK Japan 3.00 – 17 ; 3.50 – 17
- - Ban Shinko E805 130/80 – 17 ; 140/80 – 17
- - Headlamp Daymaker Spyder Eye 7”
- - Sprocket SSS
- - Chain D.I.D
- - Muffler Variasi
- - Handgrip Variasi
- - Spion Variasi
- - Stang Yamaha Byson
- - Jok MB tech
- - Bengkel: RENO CUSTOM TANJUNGPINANG
- - Pengecatan: @badai_painting & @agus_ab36
- - Kelistrikan: Mas Pri BT 8
- - Jok: Bang Ip BT 8
- - Spareparts: @khsmoto_tnj
- - Photo by: @kemen20 & @fridayfraidee & @franzzbirink
Yuk ikutan mejeng di The Jounal Kustomgaras.com, dengan mengirimkan cerita tentang pengalaman riding atau cerita tentang modifikasi motor kamu beserta komponen apa saja yang dirubah.
Kirim cerita beserta foto (minimal 3) dengan resolusi minimal 1000px supaya tampil oke via email ke : kustomgaras@gmail.com . Berbagi untuk menginspirasi!
Tags:
The Journal