Yamaha XS650 Motor Legenda Sejuta Impian

Yamaha XS650 versi standar

Siapa yang ga kenal motor ini? Bagaimana sejarahnya?

Kustomgaras - Yamaha XS650 di Indonesia sangat digemari sebagai bahan motor custom, terutama bagian mesinnya yang berkapasitas 650cc inline twin silinder bertenaga 50ps, 2 klep per silinder, berpendingin udara dan tanpa elektrik starter pada generasi awalm, lalu hal paling menyenangkan adalah mesinnya mampu mengeluarkan suara merdu hampir seperti Harley Davidson.



Sekilas seputar mesin Yamaha XS650

Yamaha XS650 pertama kali dipasarkan pada tahun 1968, dan menjadi motor mid-size dengan teknologi paling canggih yang ada saat itu berkat fitur SOHC (overhead camsaft tunggal) dimana motor yang lainnya masih menggunakan pushrod. Selain itu keunggulan lainnya adalah bobotnya yang tidak terlalu berat untuk ukuran motor dengan kapasitas silinder 650cc yakni hanya 194kg saja.

Mesin Yamaha XS650 via barnfinds.com

Piston bergerak secara paralel (naik turun bergantian) yang menghasilkan interval 360 derajat, satu piston berada di titik mati atas (TMA) dan piston satunya lagi berada di titik mati bawah (TMB). Pada perkembangannya rasio kompresi mesin dinaikan, bobot piston dan stang piston dipangkas 20% untuk membuat kinerja mesin lebih ringan. Ada yang unik dari piston nya yakni ada nya coakan (kantung katup) pada bagian atas, memiliki 3 ring piston, 2 untuk kompresi dan 1 untuk kontrol oli.

Kelemahan mesin Yamaha XS650 adalah pada getarannya yang cukup terasa pada saat kondisi idle, tetapi bagi penggemar motor klasik hal ini malah menimbulkan sensasi yang disukai. Motor ini banyak digunakan sebagai kendaraan patroli kepolisian, karena ringkas dan cukup cepat pada masa itu. Untuk spare-part seperti kebanyakan motor klasik lainnya yakni cukup susah, mesti sabar berburu untuk mendapatkannya.

Panel & spedometer Yamaha XS650 via barnfinds.com

Yamaha XS 650 dipasarkan hingga tahun 1985, model yang terakhir adalah 1983 di Amerika Serikat, Kanada, Eropa. Namun, banyak motor yang tetap tidak terjual selama beberapa tahun karena kelebihan produksi dan resesi ekonomi. Motor ini sebenarnya cukup populer, jumlahnya banyak, di Indonesia pun kita sering jumpai motor custom dengan menggunakan Yamaha XS 650 sebagai bahannya untuk dibangun bergaya cafe racers, street-trackers, flat-trackers, chopper, bobber dan banyak lainnya, ga salah kalo motor ini dianggap sebagai motor klasik dari Jepang paling diidamkan untuk dibangun.

Inspirasi modifikasi Yamaha XS650 Custom






Custom Yamaha XS650 SE by Jerikan motorcycles


Note. 
Mohon dikoreksi jika ada kesalahan informasi dan kamu boleh memberi usul motor yang akan dibahas di rubrik Motopedia selanjutnya dengan menulis komen dibawah ini. Enjoy!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Post Ads