Boardtracker Era Abad 20 - Honda Megapro

Motor Custom Honda GL Boardtracker
Photo : Joshua Charles

The Journal by Joshua Charles

Ceritakan tentang profil diri?

Warthog adalah nama dari motor boardtracker ini, dibangun oleh bengkel custom yang berbasis di Salatiga Jawa Tengah, bernama Jezel motorworks. Sang empu dari motor ini berprofesi sebagai arsitek, memiliki yang selera cukup unik dalam memilih style motor. Detail, kerapian dan keunikan adalah tiga hal yang selalu ditekankan dalam proses custom motor ini.

Merk, tipe motor dan tahun produksi?
Honda Mega Pro tahun 2007

Rangka rigid motor retro klasik
Photo : Joshua Charles

Mengapa memutuskan untuk melakukan custom pada motor?
Melakukan custom pada motor bukan karena ikut tren pada jaman sekarang ini. Tapi lebih pada proses dan kesukaan akan jenis motor bergaya lawas yang pernah ada, dan menginspirasi.

Apa konsep, dan terinspirasi dari apakah?
Konsep motor adalah Boardtrcker. Dimana style motor ini tren pada thn 20 - 30n. Pada jamannya motor ini digunakan untuk balap di lintasan papan. Dari sini terinspirasi bahwa motor balap tidak harus seperti motor balap pada sekarang ini yang berbentuk besar dengan kaki2 tebal dan lebar.

Apa saja yang dibikin custom?
Hampir 90% bagian motor Boardtracker ini dibuat kustom, dari rangka hingga tampilan mesin juga di kustom. Pertama adalah bagian bodi dan kaki-kaki, sudah terlihat bahwa motor ini tidak di produksi secara masal, sehingga harus membuat rangka dan tanki sendiri secara kustom.

Boardtracker basis Honda GL
Photo : Joshua Charles

Dari segi kaki-kaki, bagian chasis depan mengunakan single springer sedikit berbeda dengan kebanyakan motor klasik yang mengunakan dua spinger.

Tangki Motor Custom Boardtracker GL
Photo : Joshua Charles

Airbrush Painting Honda GL Klasik Retro
Photo : Joshua Charles

Pada bagian tangki, sesuai dengan tipikal motor boardtracker, tangki mengunakan sistem tangki gantung atau di sebut roundtank.

Blok mesin motor custom klasik
Photo : Joshua Charles

Jezel Motor custom salatiga
Photo : Joshua Charles
Modifikasi mesin klasik GL
Photo : Joshua Charles

Dan pada bagian mesin, pemberian tambahan cover alumunium untuk menambah kesan motor klasik. Head dan leher mesin di bikin membulat karena ingin mencari kesan mesin klasik yang dipakai pada era 20-30an.

Walau berpenampilan tua, namun motor ini tetap menggunakan sistem elektrik modern, yakni mengunakan double starter yang di hubungkan dengan remote.

Lampu motor custom klasik
Photo : Joshua Charles

Lampu depan yang terkesan retro, namun didalamnya menggunakan LED untuk sistem pencahayaan motor :)

Bagian mana yang paling kamu sukai dari motor ini, alasannya?
Bagian yang di sukai adalah sisi kiri dari motor. Karena penempatan karburator yang berada di kiri membuat kesan motor penuh dan rapi.

Modifikasi Gaya Retro Honda GL
Photo : Joshua Charles

Ceritakan suka-duka dalam proses custom?
Sukanya banyak, karena motor ini pernah menang di beberapa kontes motor kustom.

Sedangkan dukanya adalah ketika naik motor lalu kehabisan bensin dikarenakan tangki motor yang berukuran kecil dan ketika naik motor dengan jarak tempuh yang lumayan jauh sedang posisi motor yang menunduk

Masih ada keinginan lain yang ingin diterapkan pada motor?
Tentu masih ada. Keinginan untuk merapikan perkabelan gas dan kopling dengan mengunakan sistem lama (mengunakan sendi-sendi) pada motor tua.

Honda GL Boardtracker
Photo : Joshua Charles

Deskripsikan karya motor kamu dalam 3 kata?
Panjang, Pendek dan Nunduk.

Berteman dengan saya:

Nama / Alias : Joshua Charles
Facebook : Joshua Charles
Instagram : @jsh.chrles
 
-------
Note.
Yuk ikutan mejeng di The Jounal Kustomgaras.com, dengan mengirimkan cerita tentang motor kamu ke email kustomgaras@gmail.com . Berbagi untuk menginspirasi!
...

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Post Ads