Begini Toyota Kijang Reborn dibuat Konsepnya

KustomGaras - Tahu kan ikon mobil multifungsi (All Utility Vehicle) legendaris di Indonesia yang merajai selama dua dekade dari 1980 - 2000? Apalagi kalau bukan Toyota Kijang, setelah era Kijang Kapsul selesai lalu dilanjutkan oleh Kijang Innova membuat secara perlahan istilah Kijang di dunia permobilan mulai meredup karena orang hanya menyebut dengan Innova saja. Untuk intermezzo bagi penggemar, sekarang kita dapat referensi dari Top Gear Philipines tentang gambar renderan concept Toyota Kijang Reborn yang mempertahankan ciri khas body kotaknya. Seperti ini visualnya :

Render Concept Toyota Kijang Reborn - Kotak Klasik Tapi Kini Elegan
  ILLUSTRATION BY Andrew Guerrero, topgear.com.ph

Di Filipina Toyota Kijang dinamai dengan Tamaraw FX, kendaraan serbaguna paling laris di Asia Tenggara, konsep desainnya seperti mengajak nostalgian kembali ke awal era 90an. Karena suka nostalgia, Top Gear Ph memutuskan untuk mencoba menghidupkan kembali Tamaraw FX tapi tentu saja secara digital. Idenya sederhana: membuat versi modern dari FX tetapi tetap sederhana dan terjangkau. Penting untuk tetap mempertahankan aksen kotak mengikti fungsi identitas dari mobil ini.

Bagian depan didominasi oleh kisi-kisi heksagonal mirip truk Toyota, yang diapit oleh kluster lampu besar, dibawahnya terpasang bumper dengan bingkai hitam matte yang terlihat kokoh. Kaca depannya tegak dan hampir rata seperti pendahulunya. Pindah ke samping, kami memberikannya ekstensi lingkar sudut klasik yang terinspirasi oleh trim tertinggi dari model ini, pintu depan dan belakang sekarang lebih besar, jendela besar menjaga interior tetap cerah dan terasa luas.

Render Concept Toyota Kijang Reborn - Kotak Klasik Tapi Kini Elegan 2
  ILLUSTRATION BY Andrew Guerrero, topgear.com.ph

Bagian belakang dilengkapi pintu semi vertikal untuk memaksimalkan ruang interior penumpang baris paling belakang dan ruang kargo, uniknya konfigurasi bukaan pintu 70:30 berengsel tetap dipertahankan dalam desain ini. Keren!

Kalo pendahulunya memakai velg ring 13 inch, versi konsep lebih modern dengan memakai velg ukuran 15 inch dikombinasikan ban 205 / 70R15. Mesin FX modern diproyeksi ke diesel 2GD-FTV 2,4 liter, yang menghasilkan tenaga 147hp dan torsi 343Nm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi manual enam kecepatan.

Positioning Tamaraw FX akan ditempatkan di antara Innova dan Avanza, berfungsi sebagai alternatif mobil serbaguna bermesin diesel yang kokoh dengan unibody lebih kompak dibanding Innova. Ini akan ditawarkan dalam varian Base, J dan E. Trim Base untuk sembilan tempat duduk mendapat kursi yang berhadap-hadapan di baris ketiga, sementara varian J dan E tujuh kursi mendapatkan baris ketiga yang menghadap ke depan. Fitur keselamatan seperti airbag ganda dan ABS sekarang menjadi standar.

Overall THXMOTO melihat Concept Toyota Kijang Reborn ini seperti Land Cruiser Bundera, bagaimana menurut kalian Bre?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Post Ads