Sejarah Balap Motor Board Track 1910s

Sejarah Balap Motor Board Tracker 1910s Paling Membahayakan 1

KustomGaras - Balap motor board track adalah salah satu balap tertua dan paling mematikan dalam sejarah olahraga motor. Ratusan nyawa hilang, baik pembalap maupun penonton dalam kecelakaan, selama era board track yang relatif singkat. Meskipun dengan segala resiko, nyatanya balap motor ini malah menjadi hiburan yang paling populer di Amerika tahun 1910s yang di setiap eventnya mampu menarik kerumunan hingga 10.000 penonton. Para pembalap muda tahu bahaya itu, tetapi memilih untuk mengabaikan karena imbalannya sangat menguntungkan. Pembalap top dapat menghasilkan $ 20.000 (sekitar $ 500.000 mata uang sekarang) per tahun dengan membalap di sirkuit board track. 

Sangat mudah dipahami kenapa balap ini begitu berbahaya, dimana pada masa itu motor board tracker yang kecil namun mampu mencapai kecepatan 100 mph! pembalap beberapa inch di antara roda dan mesin, mesin tidak memiliki rem, yang rentan bersenggolan antar pembalap. Dan penonton dipisahkan dari sirkuit dengan hanya dibatasi papan berukuran 2x4 yang dipaku di antara tiang rapuh.

Sejarah Balap Motor Board Tracker 1910s



Munculnya kendaraan bermesin (motor) di dekade pertama abad ke-20 melatarbelakangi munculnya event balap ini, awalnya adalah untuk mengurangi balap liar di jalanan umum (ternyata balap liar adalah warisan turun-temurun haha). Penyebutan sirkuit board track dengan istilah motordromes di surat kabar dimulai sejak tahun 1901, konsepnya mirip dengan velodrom sepeda.

Sirkuit board tracker besar yang pertama kali dibangun adalah Los Angeles Motordrome di resor Playa Del Ray, saking megahnya untuk membangun sirkuit ini membutuhkan 3.000.000 feet kayu dan 16 ton paku dalam konstruksi pai-pai.

Pembangunan Sirkuit balap board track Los Angeles Motordrome

Pembangunan Sirkuit balap board track Los Angeles Motordrome 2

Karena booming, setelah itu sirkuit motordrom dibangun di seluruh negeri Amerika. The Salt Lake Telegram pada tanggal 4 Juli 1910, melaporkan jumlah penonton 8.000 hingga 10.000 pada malam pembukaan Wandamere Motordrome. Perlombaan menampilkan Jake De Rosier, pebalap motor India yang hebat, sebagai daya tarik utama.

The Philadelphia Inquirer pada 15 Juni 1912, melaporkan pembukaan Grand Pointe Breeze Park Motordrome di Philadelphia. Pointe Breeze akan menjadi salah satu jalur papan yang paling sukses dengan program mingguan. Dua dari pengendara sepeda motor terkemuka di era Morty Graves dan Eddie Hasha adalah pembalap unggulan yang membuka balapan di Pointe Breeze.

Sejarah Balap Motor Board Tracker 1910s

Sejarah Balap Motor Board Tracker 1910s

Sejarah Balap Motor Board Tracker 1910s

Sejarah Balap Motor Board Tracker 1910s

Video Balap Motor Board Track Motordrome



Kegagalan keselamatan balap board track menjadi faktor yang kurang diperhatikan yang disadari kemudian setelah fasilitas dibangun. Salt Lake Telegram pada 5 Juli 1912, melaporkan kecelakaan serius di mana seorang pembalap bernama Harry Davis tewas dan tujuh penonton terluka ketika sepeda motor Davis menabrak dan mematahkan tiang lampu. Sepanjang musim panas itu, selalu saja ada laporan tentang pembalap atau penonton yang terbunuh karena kecelakaan di motordrom.


Yang pertama adalah kecelakaan tragis di motordrome di Newark, New Jersey, pada 8 September 1912. The Lexington Herald pada 9 September 1912, melaporkan bahwa dua pembalap (Eddie Hasha dan Johnny Albright) tewas ketika mereka menabrak pembatas. Empat penonton juga tewas dalam insiden itu dan 19 lainnya menderita luka-luka. Kisah kecelakaan ini dimuat di koran-koran di seluruh negeri.

Musim panas berikutnya, pada 20 Juli 1913, seorang pembalap bernama Odin Johnson jatuh; motornya menabrak tiang lampu, lalu membuat efek domino yang tragis. Tangki bensin sepeda motor meledak, kawat listrik yang terbuka dari tiang lampu menyambar bahan bakar, kemudian menyebarkan api ke kerumunan penonton. Jumlah korban tewas paling banyak adalah delapan seperti yang dilaporkan oleh Salt Lake Telegram pada 1 Agustus 1913. Setelah itu, istri alm. Johnson bersumpah untuk mengabdikan hidupnya untuk mengakhiri balapan di board track.


Dua kecelakaan tragis secara permanen mencemari reputasi motordromes dan akhirnya menyebabkan badan regulator balap sepeda motor melarang board track pada akhir 1910-an karena faktor keamanannya.

All photo above spotted on instagram @panhead_jim

Namun seperti selayaknya, sejarah menginspirasi kita untuk berkarya :

Inspirasi modifikasi motor custom board tracker 1

Inspirasi modifikasi motor custom board tracker 1

Inspirasi modifikasi motor custom board tracker 1

Inspirasi modifikasi motor custom board tracker 1

Inspirasi modifikasi motor custom board tracker 1

Inspirasi modifikasi motor custom board tracker 1

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Post Ads