KustomGaras - Di Frankfurt Motor Show 2019 akhirnya Honda merilis Honda E versi produksi (final), akhirnya ini menjawab rasa penasaran kita Bre setelah kampanye cukup lama dan teaser yang bertebaran kemarin. Meskipun Honda menghabiskan setengah abad ke-20 dengan menguasai kendaraan bermesin pembakaran (BBM), namun sekarang harus mulai dari awal lagi dengan mobil listrik.
Eksterior Honda E Versi Produksi
Sampai sekarang, gambar yang kita lihat overall seperti prototipe yang dipamerkan awal tahun kemarin. Bentuk depan yang imut masih ada dengan lampu bulat, tampilan retro terus ke belakang di mana lampu belakang melingkar sempurna
Meski era sekarang ini kita melihat desain mobil Honfa yang terlihat lebih sporty dan agresif, namun tidak demikian untuk mobil listrik ini. Mereka merasa sekarang adalah waktu yang baik untuk memperkenalkan desain baru seperti pintu frameless dan pop-out handles, yang berkiblat pada gaya desain Eropa-sentris. Pop-out handles adalah fitur dimana pintu depan dapat keluar secara otomatis ketika tangan kita mendekat, namun sayangnya untuk pintu belakang masih menggunakan handle komvensional yang disokong di samping kaca jendela.
Honda E memiliki wheelbase yang sama dengan Jazz, namun secara dimensi mobil ini 50mm lebih lebar dan 100mm lebih pendek. Kalo dalam konsep memakai velg rim 17 inch, di versi produksi akan menggunakan velg 16 inch, masih terlihat lumayan sporty lah.
Warna cat putih matte (doff) juga tidak akan tersedia di versi produksi, karena terlalu mahal biaya produksinya. Dan akan diganti dengan berbagai warna pop, semua mobil akan mendapat fitur pilar hitam glossy, atap dan sills, seperti E prototipe, itu membantu secara visual mengurangi tinggi mobil.
Warna cat putih matte (doff) juga tidak akan tersedia di versi produksi, karena terlalu mahal biaya produksinya. Dan akan diganti dengan berbagai warna pop, semua mobil akan mendapat fitur pilar hitam glossy, atap dan sills, seperti E prototipe, itu membantu secara visual mengurangi tinggi mobil.
Interior futuristik khas mobil listrik
Performa & Elektrikal Honda E Versi Produksi
Sekarang kita bahas sisi performa dan elektrikalnya, Honda E versi produksi dikabarkan dapat menempuh jarak sejauh 136 miles (218km ) untuk sekali charging, ini merupakan perkiraan internal tim Honda, bukan berdasarkan uji tes WLTP di Eropa. Suplai tenaga dihasilkan dari li-ion baterai 33.5 kWh yang menggerakan single motor elektrik, yang kemudian disalurkan ke roda belakang. Disebutkan juga beberapa faktor penting dari baterai mobil listrik ini, yang pertama letaknya di tengah “skateboard” dari rangka mobil untuk memastikan distribusi berat seimbang 50:50, lalu ini juga berpendingin air untuk memastikan suhu pengoperasian yang optimal dan agar dapat memberikan performa yang terbaik. Untuk pengisian daya sendiri dapat menggunakan konektor AC tipe 2 atau CCS2 DC, dalam waktu 30 menit dapat mengisi daya sampai 80%.
Honda akan menawarkan Honda E versi produksi dalam dua tipe output power, 134 HP dan 152 HP, meski powernya beda tetapi torsinya tetap sama sekitar 232.
Distribusi Honda E
Targetnya Honda E sudah mulai didistribusikan di Inggris awal tahun depan, namun pastinya dalam suplai yang jumlahnya sangat terbatas. Awalnya diperkirakan harga mobil listrik ini di kisaran £30,000, namun ternyata tidak semahal itu, varian terendah berkisar £26,160 dan untuk tipe yang lebih advance di banderol £28,660. Gimana menurut kalian?
Tags:
Auto News