KustomGaras - Setelah menunjukan konsep E-mission sekitar 4 tahun lalu, akhirnya Porsche Taycan Turbo 2020 resmi dirilis sebelum show-off besok di Frankfurt Motor Show. Porsche bersiap untuk bertarung dengan Tesla Model S dengan motor listrik yang powerful dan kabin yang sarat teknologi futuristik.
Desain Porsche Taycan 2020
Secara visual bahasa desain masih mempertahankan ciri khas nya, seperti di Mission E Concept kemudian diaplikasikan ke Taycan. Dengan koefisien drag 0.22, sports car ini menjadi line-up Porsche dengan drag koefisien yang paling rendah. Secara keseluruhan, panel underbody juga berkontribusi untuk meningkatkan aerodinamis supaya mulus saat melaju kencang membelah angin.Untuk kestabilan performa, dudukan shock absorber, dudukan gardan, dan bagian sisi belakang dibuat menggunakan bahan alumunium tempa (forged alumunium). Dari segi material, bodi Taycan menggunakan campuran besi dan alumunium yang di mixing dengan teknologi khusus, semua panel bodi minus bumper depan dan belakang juga dibuat dari aluminium untuk memangkas bobot. Secara total, 37% dari Taycan terbuat dari aluminium.
Performa
Taycan menggunakan baterai listrik disalurkan ke drivetrain all-wheel-drive (AWD) yang terdiri dari permanent-magnetic synchronous motor di setiap gardannya. Di depan, tenaga disalurkan ke roda depan melalui single speed gearbox. Untuk belakang disalurkan ke transmisi two speed gearbox, gigi rendah untuk akselerasi maksimal, dan gigi kedua untuk memberikan top speed. Tenaga disuplai oleh dual baterai li-ion 93.4kwh dipasang sebagai komponen struktur sasis dan sebagai pusat gravity.Diatas kertas, Porsche Taycan mampu menghasilkan tenaga 616-HP namun dengan fitur Overboost turbo dapat dimaksimalkan untuk mengeluarkan tenaga 671-HP (Turbo) dam 751-HP (Turbo S), torsi maks 1.049nm. Kecepatan 60mph dapat dicapai hanya dalam 2.6 detik, dan top speed 161mph (260kmh) dilintasan 402m.
Memiliki 4 driving mode yaitu Range, Normal, Sport, dan Sport Plus.
Sistem Kelistrikan
Porsche mengembangkan charging sistem 800 volt yang didesain khusus untuk Taycan, dengan teknologi itu diklaim 5% ke 80% charging hanya membutuhkan waktu 22.5 menit di kondisi ideal, menggunakan DC fast charger 270 KW power. Namun lamanya proses charging dipengaruhi juga oleh konsidi cuaca dan infrastruktur, untuk informasi seputar informasi kelistrikan ini dapat didapatkan pada aplikasi Porsche Charging Service yang akan membantu pengguna untuk menyediakan informasi seputar power level, tipe konektor, dll.Untuk satu kali pengisian dapat menempuh jarak 250 mil (402km), manteb ga tuh!
Kabin Berteknologi Futuristik
Porsche mengatakan bahwa interior Taycan terinspirasi oleh 911 Original dari tahun 1963, dengan layout yang clean dan fokus pada pengemudi, dan dasbor dapat menampung hingga empat layar besar.Semua interface telah dirancang ulang untuk Taycan, dengan mengurangu ketergantungan pada kontrol fisik. Selain touchscreen, fitur commands dapat diaktifkan dengan frasa ‘Hey Porsche’. Pembeli juga mendapatkan opsi additional LCD untuk penumpang kursi depan, yang memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan mobil tanpa mengganggu pengemudi.
Semua model Taycan menggunakan atap kaca dengan 100% UV protection, meskipun terlihat gelap namun sejuk didalamnya.
Di dalam kabin, digital instrument cluster 16.8 inch terlihat sangat mewah menjadi POV, sistem navigasi dengan real-time traffic, voice commands, Apple CarPlay, climate control sepenuhnya digital melalui panel kontrol touchscreen.
Untuk hiburan, audio sistem BOSE dan Burmester akan memanjakan penumpang yang sudah built-in dengan Apple Digital Masters files studio-quality library yang berisi lebih dari 50 juta lagu.
Harga Porsche Taycan 2020
Porsche Taycan Turbo dan Turbo S 2020 akan mulai didistribusikan ke
dealer akhir tahun ini, dengan harga mulai dari $ 150.900 untuk Turbo
dan $ 185.000 untuk Turbo S jika kalian memesan mobil secara indent.
Ketika mobil itu resmi diluncurkan, versi Turbo akan meningkat menjadi $
153.310 dan Turbo S menjadi $ 187.610.
Tags:
Auto News