Harta, Takhta, Hayley - Yamaha Scorpio Bratstyle

Harta, Takhta, Hayley - Yamaha Scorpio Bratstyle


KustomGaras The Journal x Beniah Yahya

Ceritakan tentang profil diri atau bengkel?

Halo nama saya Beniah Yahya, berdomisili di Bandung, dan saya merupakan bagian dari tim operational crew salah satu brand apparel motor yaitu Riders and Rules. Maka dari itu keseharian saya sangat lekat dengan skena motor custom. Selain itu saya juga bekerja sampingan sebagai barista di salah satu coffee shop di Bandung.

Merk, tipe motor dan tahun produksi?

Yamaha Scorpio tahun 2002

Mengapa memutuskan untuk melakukan custom pada motor?

Sebetulnya alasannya simple, yaitu bermula dari keresahan saya ingin memiliki kendaraan yang beda dari orang lain. Karena menurut saya kendaraan itu bukan hanya alat transportasi yang dipakai untuk mobilitas saja, tetapi kendaraan harus bisa mencerminkan jati diri pemiliknya juga.

Apa konsep, dan terinspirasi dari apakah?

Konsep yang saya sematkan di motor saya ini adalah pokoknya motor saya harus nyaman dan memungkinkan untuk dipakai harian. Makanya kelengkapan saya usahakan selengkap mungkin dan pastinya tetap nyaman untuk harian. Untuk gayanya saya terinspirasi dari gaya-gaya Japanese Classic tetapi mengaplikasikan sedikit sentuhan gaya eropa dengan frame yang berwarna silver. 

Harta, Takhta, Hayley - Yamaha Scorpio Bratstyle

Dan untuk cat saya menggunakan warna merah Candy karena saya merepresentasikan motor ini sebagai Hayley Williams yaitu vokalis dari band pop-punk asal Amerika bernama Paramore. Saya bertumbuh besar sangat dekat dengan skena music emo dan pop-punk, dan saya sedari dulu sampai sekarang masih jatuh cinta dan tergila-gila dengan Hayley Williams hahaha. Hayley Williams itu ikonik dengan rambutnya yang diwarnai warna merah, maka dari itu motor saya di cat warna dan saya kasih nama Ms. Hayley Williams, hahaha.

Apa saja yang dibikin custom?

70% bagian dari motor ini sudah di custom seperti Tangki, Shock menggunakan shock copotan Yamaha Byson, Ban Menggunakan Swallow Classic berdiameter 4.00 ring 17 depan belakang seukuran, sepakbor depan belakang bikin baru dan di chrome kembali, cover body samping dibikin baru mengusung influence gaya vintage tracker racer, dan stang saya menggunakan stang camar agar menambah kesan Jepang di motor saya. 

Harta, Takhta, Hayley - Yamaha Scorpio Bratstyle

Oh iya, lampu depan saya menggunakan lampu bergaya Chopper dan lampu stoplamp saya menggunakan lampu gaya Triumph tahun 70an. Knalpot saya menggukan knalpot freeflow berbahan Stainless Steel berbentuk bambu runcing agar terlihat sedikit seperti motor Bosozoku. 

Harta, Takhta, Hayley - Yamaha Scorpio Bratstyle

Harta, Takhta, Hayley - Yamaha Scorpio Bratstyle

Untuk jok nya saya custom tidak berulir dan polos supaya seperti jok Triumph bergaya Desert Sled. Perlahan-lahan juga saya mencoba untuk bermain mengaplikasikan detail-detail kecil supaya ada detailing nya di motor saya. Pertama-tama saya mengaplikasikan lettering huruf kanji jepang di bagian tangki.Tulisan tersebut merupakan nama jepang dari Hayley Williams. 

Harta, Takhta, Hayley - Yamaha Scorpio Bratstyle

Lalu di waktu tertentu saya terkadang memasang plat nomor Jepang supaya menambah kesan jepang. Valve cap atau pentil ban saya juga menggukan pentil ban berbentuk dadu yg biasanya digunakan di motor chopper. Valve cap tersebut saya dapatkan tidak sengaja di Vintage Market.

Harta, Takhta, Hayley - Yamaha Scorpio Bratstyle

Bagian mana yang paling kamu sukai dari motor ini, alasannya?

Pemilihan warna Red Candy karena mencerminkan Hayley Williams, lalu fender berwarna chrome karena menambah kesan fancy.

Ceritakan suka-duka dalam proses custom?

Motor ini pertama kali saya dapatkan ketika saya lulus SMP dan dalam kondisi sudah custom dan langsung saya pakai sebagai motor operasional saya di saat saya masih SMA. Lalu seiring berjalan nya waktu motor ini sempat saya tinggalkan tak terawat karena saya sempat tinggal di Jakarta untuk mengambil pendidikan musik dan tidak ada yang mau ngerawatnya dI Bandung. Lalu ketika saya kembali ke Bandung dan saya sudah memiliki penghasilan sendiri, saya memutuskan untuk membangkitkan kembali motor saya dengan uang saya sendiri. 

Selain dibangkitkan kembali saya juga mau mengubah bentuknya supaya lebih sesuai dengan selera dan taste saya, karena bentuk sebelumnya sejujurnya kurang cocok dengan selera saya. Dan setelah sekian lama dan banyak kendala, akhirnya Ms. Hayley Williams sudah jadi dan sudah saya pakai sebagai motor harian saya. Dan rasa sayang saya terhadap motor saya kini lebih bertambah karena saya baru belajar untuk bisa merawat barang yang bisa karena saya membangun kembali Hayley pure dengan uang penghasilan saya sendiri. Jujur, saya dulu tidak pandai untuk bisa merawat barang saya sendiri. :)

Harta, Takhta, Hayley - Yamaha Scorpio Bratstyle

Masih ada keinginan lain yang ingin diterapkan pada motor?

Karena saya orang nya bosenan, pasti akan ada perubahan yg akan saya ubah di Hayley. Tapi untuk sementara ini saya sudah cukup puas dengan Hayley. 

Harta, Takhta, Hayley - Yamaha Scorpio Bratstyle

Deskripsikan karya motor dalam 3 kata?

Harta, Takhta, Hayley. :))


Berteman dengan saya

Nama / Alias : Beniah Yahya
Facebook :Beniah Yahya
Instagram : @beniahyahya
Website : youtube.com/beniahyahya

-------

Note.Kemon ikutan mejeng di The Jounal Kustomgaras.com, dengan mengirimkan cerita tentang motor kalian ke email kustomgaras@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Post Ads