KustomGaras The Journal x Ewako Custom Works
Ceritakan tentang profil diri atau bengkel?
Assalamualaikum, perkenalkan nama saya Muhammad Husni Muas, biasa disapa Aliy oleh kawan-kawan. Sebelum terjun ke dunia otomotif dan Scene Custom, saya bergelut pada bidang las-lasan pagar, teralis, kanopi dll. Berbekal kemampuan las yang saya miliki saya mencoba membuat sepeda Fixie dan Low Rider yang lagi booming di Makassar pada saat itu, tanpa saya sangka sebelumnya ternyata sepeda buatan saya tersebut disukai oleh orang lain dan mulai menerima orderan membuat sepeda Fixie dan Low Rider dan hasilnya lumayan.
Kemudian tahun 2012 saya memulai mendirikan sebuah bengkel umum kecil-kecil2an yang mengerjakan sepeda motor kemudian berkenalan dengan kawan-kawan komunitas motor kustom, dari situ saya kemudian tertarik membuat sebuah motor kustom bergenre Chopper, dan ikut dalam kompetisi kustom bike contest lokal di Kota Makassar dan Alhamdulillah mendapat apreasiasi oleh juri sebagi Juara Pertama dikelas Chopper Bobber. Bengkel kami tersebut bernama Ewako Custom Works.
Merk, tipe motor dan tahun produksi?
Yamaha SR 400 Tahun 1984Mengapa memutuskan untuk ngecustom motor?
Awalnya Yamaha SR400 (engine only) itu saya buat dengan konsep Cafe Racer (motor masih milik kawan saya waktu itu), kemudian saya meminang motor tersebut dan mengkustom ulang secara keseluruhan dengan style yang paling saya sukai yaitu chopper.
Apa konsep, dan terinspirasi dari apakah?
Yamaha SR400 berkonsep Skinny Chopper yang simpel dan ringkas, pada SR400 chopper ini saya mengangkat perpaduan unsur budaya lokal yaitu etnis Bugis Makassar yang pemberani dan biasa digelar "Ayam Jantan dari Timur" dan etnis Tana Toraja yang terkenal dengan Tedong Bonga dan Rumah adat Tongkonannya.Apa saja yang dibikin custom?
Keseluruhan frame dibangun ulang dengan struktur menyesuaikan postur tubuh saya pribadi, body parts termasuk tangki bahan bakar, tangki oli, front dan rear fender, stang dan fork girder, serta piranti shift perseneling.Bagian mana yang paling kamu sukai dari motor ini, alasannya?
Bagian Shifter perseneling dan sistem kopling yang mengaplikasi kopling kaki dan perseneling tangan, karena tidak semua mampu mengoperasikan motor chopper dengan sisten kopling dan perseneling seperti, namun saya tetap merasa nyaman menggunakannya.Ceritakan suka-duka dalam proses custom?
Sukanya ialah pada saat..?Dukanya adalah ketika kami ingin menerapkan sesuatu namun terkendala alat dan bahan.
Masih ada keinginan lain yang ingin diterapkan pada motor?
Masih banyak sekali karena saya sadar didaerah kami ini terkendala dengan keterbatasan alat dan bahan (terutama bahan aluminium, las almu, dan chrome yang bagus). Saya ingin menggunakan tangki bahan bakar dan tangki oli berbahan aluminium, serta frame yang di chrome.Deskripsikan karya motor dalam 3 kata?
Kebebasan, Kebanggaan dan BudayaBerteman dengan saya
Nama / Alias : Muhammad Husni Muas / AliyFacebook : Aliy Muas
Instagram : @ewakocustomworks
Website : -
-------
Note.
Kemon ikutan mejeng di The Jounal Kustomgaras.com, dengan mengirimkan cerita tentang motor kalian ke email kustomgaras@gmail.com
Note.
Kemon ikutan mejeng di The Jounal Kustomgaras.com, dengan mengirimkan cerita tentang motor kalian ke email kustomgaras@gmail.com
Tags:
The Journal