Didesain oleh Ferrari Styling Center, F8 Spider melanjutkan style F8 Tributo yang sebagai bridging desain baru untuk terus menekankan karakteristik utama Ferrari yaitu performa tinggi dan efisiensi aerodinamika secara ekstrem. Selama beberapa tahun belakangan, Ferrari telah mengadopsi konsep atap RHT (Retractable Hard Top) karena kenyamanan yang diberikannya. RHT hanya membutuhkan 14 detik untuk dapat ditutup atau dibuka saat mobil bergerak hingga 45 km / jam.
Di dunia otomotif, mesin V8 Ferrari dipandang sebagai lambang sporty dan
kesenangan berkendara. Hal ini khususnya terjadi ketika dipasang di
bagian tengah belakang mobil, tim R&D Ferrari terus mengembangkan
konsep ini selama lebih dari empat dekade karena terbukti secara optimal
menyeimbangkan bobot untuk aerodinamika.
Melepas power akselerasi secara instan dengan zero turbo lag, adalah pembaruan istimewa yang dibawa oleh Ferrari F8 Spider. Digadang menjadi pesaing serius McLaren 720S, Ferrari convertible ini menggunakan mesin V8 twin-turbo 3,9 liter yang sama versi coupe, lengkap dengan 711-HP pada 8.000rpm dan torsi puncak 770 Nm dapat diraih 3.850rpm. Ohya, ada juga pembaruan di tata letak saluran pembuangan yang bikin suaranya V8 nya jadi lebih merdu.
Dengan peningkatan power 50 hp dan torsi 10 Nm lebih besar dari model 448 Pista, F8 Spider mampu berakselerasi dari kecepatan 0 hingga 62 mph (100 kmh) dalam waktu 2,9 detik atau sepersepuluh detik lebih cepat dari pendahulunya. 0-124 mph (0-200 kmh) cukup membutuhkan 8,2 detik atau setengah detik lebih cepat dari 448 Pista, sedangkan top speed yang bisa diraih 211 mph (340 kmh) adalah sebuah pencapaian impresif yang cukup besar dibandingkan dengan 448 S yang hanya sanggup dipacu hingga 203 mph (325 kmh).
Peningkatan tenaga mesin dihasilkan dari mengadaptasi intake line mobil balap Challenge 448, intake udara telah dipindahkan dari sayap ke belakang terletak di kedua sisi spoiler yang ditiup dan terhubung langsung ke katup intake. Ini secara drastis mengurangi susutnya udara dan memastikan aliran udara masuk lebih besar ke mesin, sehingga meningkatkan daya. Bentuk spoiler belakang juga turut berfungsi untuk menambah tekanan.
Interior Ferrari F8 Spider mempertahankan tampilan klasik, berorientasi pada pengemudi, sebuah konsep yang menciptakan hubungan simbiotik antara pengemudi dan mobil, seperti yang terjadi di F1, dengan semua kontrol dipasang pada stir generasi baru.
Ferrari F8 Spider Technical Specifications
Engine
Type V8 – 90° – turbo – dry sumpOverall displacement 3902 cc
Max. power output* 711-HP (530 kW) @ 8000 rpm
Max. torque* 770 Nm @ 3250 rpm
Specific power output 185 cv/l
Max. revs 8000 rpm
Compression ratio 9.6:1
Dimensions and weight
Length 4611 mmWidth 1979 mm
Height 1206 mm
Wheelbase 2650 mm
Front track 1677 mm
Rear track 1646 mm
Dry weight** 1400 kg
Weight distribution 41.5% front – 58.5% rear
Boot capacity 200 l
Fuel tank capacity 78 l
Tyres
Front 245/35 ZR 20 J9.0Rear 305/30 ZR 20 J11.0
Brakes
Front 398 x 223 x 38 mmRear 360 x 233 x 32 mm
Transmission and gearbox
7-speed, dual-clutch F1 gearboxElectronic controls
E-Diff3, F1-Trac, high performance ABS/EBD with Ferrari Pre-Fill, FrS SCM-E, FDE+, SSC 6.1
Performance
0-100 km/h 2.90 s0-200 km/h 8.2 s
Max. speed 340 km/h
Fuel consumption and emissions
Under homologation* With 98 octane petrol
** With optional contents
Tags:
Auto News