Ferrari F8 Spider Dirilis, Kencang dan Nyaman

Ferrari F8 Spider Dirilis, Power Naik Tajam!

Ferrari F8 Spider dirilis, adalah tambahan line-up terbaru untuk trah eksklusif dan bergengsi dari mobil V8 open-top yang dimulai dengan 308 GTS pada tahun 1977. Meskipun modelnya kurang ekstrim jika dibanding dengan 488 Pista Spider, tetapi lebih mengarah ke sporty.
Didesain oleh Ferrari Styling Center, F8 Spider melanjutkan style F8 Tributo yang sebagai bridging desain baru untuk terus menekankan karakteristik utama Ferrari yaitu performa tinggi dan efisiensi aerodinamika secara ekstrem. Selama beberapa tahun belakangan, Ferrari telah mengadopsi konsep atap RHT (Retractable Hard Top) karena kenyamanan yang diberikannya. RHT hanya membutuhkan 14 detik untuk dapat ditutup atau dibuka saat mobil bergerak hingga 45 km / jam.

Ferrari F8 Spider Dirilis, Power Naik Tajam!

Tampilan depan mobil dicirikan oleh S-Duct di mana seluruh ujung depan telah dirancang ulang untuk tujuan aerodinamika, contoh paling jelas adalah lampu depan LED baru, lebih ringkas, horizontal. Spoiler belakang sepenuhnya didesain ulang. Sekarang lebih besar dan mengcover di sekitar lampu belakang, secara visual menurunkan pusat gravitasi mobil.

Di dunia otomotif, mesin V8 Ferrari dipandang sebagai lambang sporty dan kesenangan berkendara. Hal ini khususnya terjadi ketika dipasang di bagian tengah belakang mobil, tim R&D Ferrari terus mengembangkan konsep ini selama lebih dari empat dekade karena terbukti secara optimal menyeimbangkan bobot untuk aerodinamika.

Ferrari F8 Spider Dirilis, Power Naik Tajam!

Melepas power akselerasi secara instan dengan zero turbo lag, adalah pembaruan istimewa yang dibawa oleh Ferrari F8 Spider. Digadang menjadi pesaing serius McLaren 720S, Ferrari convertible ini menggunakan mesin V8 twin-turbo 3,9 liter yang sama versi coupe, lengkap dengan 711-HP pada 8.000rpm dan torsi puncak 770 Nm dapat diraih 3.850rpm. Ohya, ada juga pembaruan di tata letak saluran pembuangan yang bikin suaranya V8 nya jadi lebih merdu.

Dengan peningkatan power 50 hp dan torsi 10 Nm lebih besar dari model 448 Pista, F8 Spider mampu berakselerasi dari kecepatan 0 hingga 62 mph (100 kmh) dalam waktu 2,9 detik atau sepersepuluh detik lebih cepat dari pendahulunya. 0-124 mph (0-200 kmh) cukup membutuhkan 8,2 detik atau setengah detik lebih cepat dari 448 Pista, sedangkan top speed yang bisa diraih 211 mph (340 kmh) adalah sebuah pencapaian impresif yang cukup besar dibandingkan dengan 448 S yang hanya sanggup dipacu hingga 203 mph (325 kmh).

Peningkatan tenaga mesin dihasilkan dari mengadaptasi intake line mobil balap Challenge 448, intake udara telah dipindahkan dari sayap ke belakang terletak di kedua sisi spoiler yang ditiup dan terhubung langsung ke katup intake. Ini secara drastis mengurangi susutnya udara dan memastikan aliran udara masuk lebih besar ke mesin, sehingga meningkatkan daya. Bentuk spoiler belakang juga turut berfungsi untuk menambah tekanan.

Ferrari F8 Spider Dirilis, Power Naik Tajam!

Interior Ferrari F8 Spider mempertahankan tampilan klasik, berorientasi pada pengemudi, sebuah konsep yang menciptakan hubungan simbiotik antara pengemudi dan mobil, seperti yang terjadi di F1, dengan semua kontrol dipasang pada stir generasi baru.

Ferrari F8 Spider Dirilis, Power Naik Tajam!

Ferrari F8 Spider Dirilis, Power Naik Tajam!
 

Ferrari F8 Spider Technical Specifications

Engine                        

Type V8 – 90° – turbo – dry sump
Overall displacement 3902    cc
Max. power output* 711-HP (530 kW) @ 8000 rpm
Max. torque*  770 Nm @ 3250 rpm
Specific power output 185 cv/l
Max. revs 8000 rpm
Compression ratio 9.6:1

Dimensions and weight

Length 4611    mm
Width  1979    mm
Height 1206    mm
Wheelbase 2650    mm
Front track 1677    mm
Rear track 1646    mm
Dry weight**  1400    kg
Weight distribution 41.5% front – 58.5% rear
Boot capacity 200      l
Fuel tank capacity 78        l

Tyres    

Front 245/35 ZR 20 J9.0
Rear 305/30 ZR 20 J11.0

Brakes                        

Front 398 x 223 x 38 mm
Rear 360 x 233 x 32 mm

Transmission and gearbox

7-speed, dual-clutch F1 gearbox      

Electronic controls

E-Diff3, F1-Trac, high performance ABS/EBD with Ferrari Pre-
Fill, FrS SCM-E, FDE+, SSC 6.1

Performance              

0-100 km/h  2.90     s
0-200 km/h  8.2       s
Max. speed 340      km/h

Fuel consumption and emissions    

Under homologation
* With 98 octane petrol
** With optional contents

Ini bukan satu-satunya Ferrari convertible yang dirilis bulan ini karena 812 Superfast juga kabarnya akan dirilis beberapa minggu kedepan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Post Ads