Sejarah Mercedez Benz 300SL Gullwing
Awalnya diproduksi sebagai Mercedes Benz 300SL Coupe, mobil sport balap
dengan kode W198 untuk ikut berkompetisi di Mille Miglia awal Mei 1952
dan hebatnya berhasil mendapatkan posisi kedua. Kemudian di event Le
Mans 24h, mercy 300 SL memperoleh dua tempat teratas. Tempat pertama
Hermann lang dan Fritz Riess dengan total kecepatan rata-rata 155,575
kilometer per jam (96,670 mph), mereka mencapai rekor baru dalam sejarah
Le Mans. Tempat kedua diisi oleh Theo Helfrich dan Helmut Niedermayr.
Sukses di dunia balap membuat Mercedes Benz 300SL Coupe meledak di pasaran, mobil dengan karisma terlihat sporty, ground clearance rendah, desain aerodinamis, dan mampu melaju dengan kecepatan tinggi tidak seperti apa pun yang diproduksi oleh tiga besar kompetitornya! Untuk menghadang 300 SL, tak lama kemudian GM memperkenalkan Corvette pertama, dan kemudian datang Ford Thunderbird.
Kisah sukses berlanjut pada 1954 dengan SL 300 “Gullwing”, sebuah Coupé yang mengubah pandangan penggemar mobil sport dengan desain yang unik dan powerful. Importir AS Maximilian Hoffman meminta Board of Management di Daimler-Benz untuk membangun sebuah versi komersial dari 300 SL sport untuk pasar AS. Hanya lima bulan kemudian pada bulan Februari 1954, Mercedes-Benz 300 SL (W 198) membuat debut sensasional di International Motor Sports Show di New York. Mobil Sport baru memancarkan keanggunan dan inovasi dalam ukuran yang sama besar dengan versi coupe.
300 SL Gullwing
Hal yang paling mencolok dari Gullwing, pada pandangan pertama adalah penampilannya dengan pintu gullwing jadi fitur yang luar biasa dan sangat ikonik. Bentuknya elegan dan fungsional. Beberapa Fitting, hiasan, kenop dan seperti yang dilakukan dalam ciri khas Daimler-Benz, baik dalam desain dan eksekusi.
Di seluruh dunia, penulis mobil sport meraih Kamus mereka, mencari superlatif untuk menggambarkan bintang baru ini di cakrawala. Kata seperti “indah “, “mobil sport masa depan “, “mobil impian “, “luar biasa ” mengalir dari pena penulis di seluruh dunia.
Powertrain 300 SL Gullwing
Mesin M198 yang digunakan dalam versi produksi massal 300SL memiliki tenaga 215 HP (158 kW) pada 5800 RPM. Camshaft balap tersedia sebagai pilihan, yang menaikkan output ke 240 HP pada 6100 RPM. Rasio kompresi adalah nominal 8.55:1, meskipun ini bervariasi dari mesin ke mesin. Tergantung pada toleransi manufaktur, piston dan faktor lainnya, rasio kompresi aktual berkisar dari 8,0:1 – 8,69:1. Kecuali untuk mobil keluaran awal 1954, rasio kompresi dicap pada blok masing-masing mesin yang berdekatan dengan pelat nomor seri di bawah tensioner rantai. Juga dicap dekat lokasi ini, biasanya di kepala silinder yang ditentukan untuk setiap mesin sebelum instalasi di dalam mobil.
Kecepatan tertinggi 250 km/jam, cukup kencang untuk mobil pada zamannya, tergantung pada rasio drive akhir. Seperti mobil sport balap legendaris dari musim 1952, menampilkan desain ringan yang konsisten di keseluruhan, transmisi dan spaceframe yang mendukung mesin secara optimal.
Spaceframe 300 SL Gullwing
Beratnya hanya 50 kilogram, spaceframe yang inovatif berupa struktur ringan yang menawarkan kekakuan maksimum. Spaceframe 300 SL coupe, punya problem ketinggian ekstra pada frame pintu bawah, yang tidak memungkinkan untuk dipasang pintu konvensional. Mercedes-Benz insinyur memecahkan masalah ini dengan pengenalan upswinging pintu “Gullwing”.
Interior 300 SL Gullwing
Sebagai standar, tiga pola kotak catur (checkerboard), kursi fabric yang tersedia. Kombinasi dari warna dasar itu, Gray/Green, Gray/biru dan krem/merah, untuk memudahkan aksesmasuk di kabin, stir dapat diputar pada hub 90 derajat menjauh dari dashboard. Selain itu ada juga varian opsional interior memakai material leather.
Ruang penyimpanan untuk bagasi hanya di belakang kursi namun
kapasitasnya tidak besar, hanya muat ban serep dan tangki bahan bakar
cadangan.